Cara Unsubscribe Email di Gmail.



    Di zaman sekarang yang sudah serba digital, email sangat dibutuhkan oleh umat manusia, terutama untuk mereka yang selalu terhubung ke dunia maya. Email merupakan persyaratan utama untuk bisa bergabung dengan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

    Bahkan untuk pengguna smartphone berbasis Android, kita diwajibkan memiliki akun email supaya bisa terhubung dengan Google Playstore dan mengunduh berbagai aplikasi Android didalamnya. Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa email itu sangat penting untuk pengguna Android, khususnya email yang disediakan oleh Google yaitu Gmail.

Kenapa Menerima Notifikasi Email Terus?

    Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, saya akan sedikit menjelaskan mengenai fitur email.

    Email memiliki fitur keluar masuk pesan tanpa biaya (selain kuota internet). Dengan begitu kita bisa mengirim email kepada orang lain dengan mudah. Kita tinggal buka, ketik dan kirim. Begitu pun dengan menerima email, kita bisa menerima pesan setelah email tersebut dikirimkan oleh pengirim.

    Karena kemudahannya inilah email merupakan hal penting dan dianggap sebagai syarat utama untuk bisa memakai media sosial, misalnya begini.

    Ketika kita akan membuat akun Facebook. Ketika mendaftar, kita akan dimintai untuk mengisi email yang kita miliki, kemudian Facebook akan mengirimkan link kepada email tersebut untuk konfirmasi pendaftaran.

    Nah setelah berhasil membuat akun Facebook, sebagian orang pasti akan meninggalkan email, bahkan tidak lagi mengingat passwordnya.

    Padahal email tersebut sangat berguna loh buat mengembalikan akun Facebook jika suatu saat kita lupa password akun Facebook kita, sebab email akan dipakai untuk memulihkan (recovery) akun.

    Disisi lain, email juga hanya dijadikan tempat sampah karena hanya berisi pesan pemberitahuan dari media sosial yang tertaut dengan email tersebut. Jadi jangan heran kalau di email kalian itu banyak inbox yang isinya adalah pemberitahuan dari akun media sosial.

    Hal seperti ini menurut saya sangat menjengkelkan bray, apalagi kalau pemberitahuan tersebut masuk kedalam email utama kita. Selain menggagu, pesan itu juga tidak penting, kecuali pemberitahuan tertentu. Misalnya, pemberitahuan tentang pengamanan akun yang hendak dibobol oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab.

    Oleh sebab itulah saya membuat artikel ini untuk berbagi pengalaman kepada kalian semua tentang bagaimana sih cara berhenti berlangganan (unsubscribe) pemberitahuan email dari pengirim email otomatis. Oke, lanjut.

Cara Unsubscribe Email di Gmail

    Perlu kalian ketahui, surat elektronik yang masuk ke email kita itu tidak semuanya dikirimkan oleh manusia, tapi adaj juga yang dikirimkan otomatis oleh robot. Terutama jika emailnya bersifat notifikasi pemberitahuan.

    Nah robot yang mengirim email tersebut tidak akan bekerja jika tidak ada ijin dari pemilik email. Misalnya jika kalian setiap harinya ada email yang masuk, itu adalah pesan yang telah disetujui. Sehingga robot akan mengirimkannya kepada kalian terus menerus.

    Banyak orang, termasuk saya juga tidak sadar dengan hal ini. Sebab kita tidak terlalu memperhatikan aturan ketika mendaftar akun tertentu.




    Jika memang hal ini mengganggu, lebih baik kita berhentikan saja langganan emailnya. Caranya bagaimana? Sangat mudah kok, kalian tinggal ikuti saja tutorial dibawah ini.
  • Buka akun Gmail kalian, baik di Laptop atau HP.
  • Pilih salah satu pesan masuk (inbox) yang mau kalian unsubscribe.
  • Scroll hingga kebawah seperti pada gambar diatas, lalu cari tulisan (unsubscribe, berhenti berlangganan, pengaturan notifikasi, dan lainnya). Intinya perintah yang berisi tentang berhenti berlangganan dari pesan update.
  • Selesai.

    Jika mengikuti tutorialnya dengan benar, kalian tidak akan mendapatkan lagi pesan masuk secara berkala. Tapi kalian harus melakukan cara ini dengan bijak dan teliti, jika memang pesan/inbox nya sangat bermanfaat atau penting untuk kalian, lebih baik jangan unsubscribe.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba, Terima kasih. Salam secangkir kopi.  

Just an ordinary person who likes to learn new things, especially about cybersecurity and programming.